Percaya diri adalah kunci menuju kesuksesan. Terkadang kita tidak memiliki keyakinan kepada diri sendiri sehingga membuat kita melewatkan berbagai kesempatan emas dalam hidup kita.

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan. Simak 5 trik membangkitkan kepercayaan diri berikut ini:

1. Selalu Tersenyum
Tersenyum merupakan trik 1 detik yang mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda dengan mudah. Hal ini terkait dengan dilepaskannya hormon endorfin yang dilepaskan ketika tersenyum. Hormon tersebut yang membuat sirkulasi darah pada daerah wajah meningkat sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, lawan bicara akan melihat kepercayaan diri Anda saat Anda sedang tersenyum.

2. Power of Knowledge
Kekuatan sebuah pengetahuan sangatlah berpengaruh dalam tingkat kepercayaan diri. Semakin luas wawasan yang Anda miliki, maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan diri Anda ketika mengungkapkan sebuah idea tau gagasan. Di masa perkembangan teknologi yang sudah maju ini, Anda akan lebih mudah untuk menambah wawasan Anda seluas mungkin dalam bidang apapun.

3. Tatap Lawan Bicara
Menatap mata lawan bicara justru mampu meningkatkan rasa percaya diri serta membantu Anda untuk semakin dekat dengan lawan bicara sehingga rasa asing akan hilang dengan sendirinya. Kontak mata juga mampu menarik minat lawan bicara Anda sehingga Anda akan lebih percaya diri karena merasa dihargai dan didengar.

4. Tampil Rapi dan Nyaman
Penampilan juga merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda di mata publik. Seseorang akan merasa percaya diri jika penampilannya lebih rapi. Penampilan fisik Anda menentukan impresi orang lain terhadap pribadi Anda. Semakin rapi penampilan Anda, maka akan semakin baik impresi orang lain sehingga tingkat kepercayaan diri Anda akan semakin tinggi. Namun, harus diperhatikan juga pemilihan busana yang nyaman, agar tidak mengganggu aktvitas Anda.

5. Be Positive
Selalu berpikir positif atas apa yang terjadi, menjadi landasan utama seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Berpikir positif terbukti mampu mengembalikan kepercayaan diri Anda dalam segala hal. Kecemasan yang berlebih akan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda sehingga menyebabkan stres. Berpikirlah positif namun tetap waspada!

Semoga bermanfaat!

-Victor Irawan-